Sabtu, 20 Februari 2016


SISTEM OPERASIONAL PEMBUKAAN REKENING BARU OLEH CUSTOMER SERVICE
Disusun untuk Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah Sistem Operasional Bank Syariah
Dosen Pengampu : Gita Danupranata, S.E., M.M.


 


 
Disusun Oleh:
Winceh Herlena    (20140730007)
Peni Damayanti    (20140730019)
Arinda Nuraeni    (20140730043)
Lisa Listiqomah   (20140730044)
Inayatul Ilahiyah  (20140730052)

Ekonomi dan Perbankan Islam
Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
2016


PENDAHULUAN
Tabungan merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.
Seseorang menabung di bank dengan tujuan untuk menyisihkan sebagian hasil pendapatan nasabah untuk dikumpulkan sebagai cadangan di masa depan, juga untuk alat untuk melakukan transaksi bisnis atau usaha individu atau kelompok.
Untuk mendapatkan tabungan bank, seseorang harus membuka rekening bank terlebih dahulu di bank yang mereka inginkan. Pada pembukaan rekening di bank, biasanya nasabah akan dipandu dan dijelaskan oleh customer service. Kemudian nasabah menyiapkan beberapa syarat yang telah disebutkan oleh customer service sebagai kriteria persetujuan untuk membuka rekening bank.


FLOWCHART PEMBUKAAN REKENING BANK OLEH CUSTOMER SERVICE










































PROSEDUR PEMBUKAAN REKENING BANK

1.      Calon nasabah datang ke Bank dan menghubungi Customer Service

2.      Customer Servicemelayani calon nasabah dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut
a.      Memberikan penjelasan yang bersifat penting atau brosur-brosur yang ada kepada calon nasabah yang bersangkutan mengenai ketentuan tentang simpanan
b.      Setelah calon nasabah memahami dan menyatakan kesediannya untuk membuka rekening, selanjutnya customer service meminta tanda bukti pengenal diri berupa KTP/SIM/Paspor asli beserta fotocopy KTP/SIM/Paspor sebanyak 2 lembar
c.       Khusu untuk pembukaan rekening badan usaha/group/yayasan, maka calon nasabah harus menyertakan akta pendirian badan usaha tersebut

3.      Customer Servicemenyiapkan formulir-formulis berupa:
a.       Formulir aplikasi pembukaan rekening untuk diisi da ditandatangani oleh calon nasabah sesuai dengan identitas diri masing-masing
b.      Formulir data nasabah memiliki fungsi untuk mengetahui data diri nasabah, jenis rekening yang akan dibuka, fasilitas yang tersedia akan dipergunakan atau tidak
c.       Kartu contoh tanda tangan
d.      Formulir tanda setoran untuk setoran awal (slip penyetoran)
e.       Buku tabungan

4.      Calon nasabah selanjutnya dipersilahkan untuk mengisi dan menandatangani atau cap jempol formulir tersebut, pengisian ini dapat dibantu oleh Customer Service

5.      Setelah formulir tersebut diisi dan ditandatangani atau dicap jempol oleh calon nasabah, selanjutnya Customer Service melaksanakan hal-hal yang sebagai berikut:
a.       Menginput data yang telah diisi oleh untuk  mendapatkan nomor rekening bagi calon nasabah yang bersangkutan
b.      Setelah mendapatkan nomor rekening, catatat kembali pada kartu sub buku besar

6.      Customer Servicemelanjutkan formulir yang telah dipersiapkan sebelumnya kepada pejabat bank yang berwenang untuk meminta persetujuan pembukaan rekening dan meng “approve” data yang telah diinput oleh Customer Service sebagai tanda persetujuan

7.      Pejabat bank meminta formulir-formulir dari Customer Service dan meneliti kebenaran bank pengisiannya apabila sudah benar pejabat bank menandatangani formulir tersebut serta mengembalikan pada Customer Servic

8.      Customer Servie menerima pengembalian formulir tersebut kemudian menyerahkan pada Teller

9.      Teller menerima dan melakukan kegiatan antara lain:
a.       Menerima tanda setoran dari Customer Service
b.      Meanggil nasabah untuk menerima uang setoran awal dari nasabah
c.       Teller menghitung jumlah uang dan menyimpan uang tersebut dalam cash box
d.      Mencatat transaksi tersebut ke dalam  komputer serta memvalidasi slip setoran dan mencetak pada buku tabungan serta menandatangani slip setoran sebagai signer
e.       Meneruskan tanda setoran pada Customer Service

10.  Customer Service menandatangani semua lembar setoran pada kolom yang tersedia kemudianmengembalikan lembar pertama dan kedua tanda setoran kepada Teller

11.  Teller menyerahkan:
a.       Lembar pertama  tanda setoran
b.      Buku tabungan
c.       Kartu identitas (KTP/SIM)
d.      Lembar kedua formulir pembukaan rekening



















































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar