SISTEM OPERASIONAL
PEMBUKAAN REKENING BARU OLEH CUSTOMER SERVICE
Disusun untuk Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah
Sistem Operasional Bank Syariah
Dosen Pengampu : Gita Danupranata, S.E., M.M.
Disusun Oleh:
Winceh Herlena (20140730007)
Peni Damayanti (20140730019)
Arinda Nuraeni (20140730043)
Lisa Listiqomah (20140730044)
Inayatul Ilahiyah (20140730052)
Ekonomi dan Perbankan
Islam
Fakultas Agama Islam
Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta
2016
PENDAHULUAN
Tabungan
merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat
tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro,
dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.
Seseorang
menabung di bank dengan tujuan untuk menyisihkan sebagian hasil pendapatan
nasabah untuk dikumpulkan sebagai cadangan di masa depan, juga untuk alat untuk
melakukan transaksi bisnis atau usaha individu atau kelompok.
Untuk
mendapatkan tabungan bank, seseorang harus membuka rekening bank terlebih
dahulu di bank yang mereka inginkan. Pada pembukaan rekening di bank, biasanya
nasabah akan dipandu dan dijelaskan oleh customer service. Kemudian nasabah
menyiapkan beberapa syarat yang telah disebutkan oleh customer service sebagai
kriteria persetujuan untuk membuka rekening bank.
FLOWCHART
PEMBUKAAN REKENING BANK OLEH CUSTOMER SERVICE
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PROSEDUR
PEMBUKAAN REKENING BANK
1.
Calon
nasabah datang ke Bank dan menghubungi Customer
Service
2.
Customer Servicemelayani calon nasabah
dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut
a.
Memberikan penjelasan
yang bersifat penting atau brosur-brosur yang ada kepada calon nasabah yang
bersangkutan mengenai ketentuan tentang simpanan
b.
Setelah calon nasabah
memahami dan menyatakan kesediannya untuk membuka rekening, selanjutnya customer service meminta tanda bukti
pengenal diri berupa KTP/SIM/Paspor asli beserta fotocopy KTP/SIM/Paspor
sebanyak 2 lembar
c.
Khusu untuk pembukaan
rekening badan usaha/group/yayasan, maka calon nasabah harus menyertakan akta
pendirian badan usaha tersebut
3.
Customer Servicemenyiapkan
formulir-formulis berupa:
a. Formulir
aplikasi pembukaan rekening untuk diisi da ditandatangani oleh calon nasabah
sesuai dengan identitas diri masing-masing
b. Formulir
data nasabah memiliki fungsi untuk mengetahui data diri nasabah, jenis rekening
yang akan dibuka, fasilitas yang tersedia akan dipergunakan atau tidak
c. Kartu
contoh tanda tangan
d. Formulir
tanda setoran untuk setoran awal (slip penyetoran)
e. Buku
tabungan
4.
Calon
nasabah selanjutnya dipersilahkan untuk mengisi dan menandatangani atau cap
jempol formulir tersebut, pengisian ini dapat dibantu oleh Customer Service
5.
Setelah
formulir tersebut diisi dan ditandatangani atau dicap jempol oleh calon
nasabah, selanjutnya Customer Service melaksanakan
hal-hal yang sebagai berikut:
a. Menginput
data yang telah diisi oleh untuk
mendapatkan nomor rekening bagi calon nasabah yang bersangkutan
b. Setelah
mendapatkan nomor rekening, catatat kembali pada kartu sub buku besar
6. Customer
Servicemelanjutkan
formulir yang telah dipersiapkan sebelumnya kepada pejabat bank yang berwenang
untuk meminta persetujuan pembukaan rekening dan meng “approve” data yang telah diinput oleh Customer Service sebagai
tanda persetujuan
7. Pejabat bank meminta
formulir-formulir dari Customer Service dan
meneliti kebenaran bank pengisiannya apabila sudah benar pejabat bank
menandatangani formulir tersebut serta mengembalikan pada Customer Servic
8. Customer
Servie menerima
pengembalian formulir tersebut kemudian menyerahkan pada Teller
9. Teller menerima dan
melakukan kegiatan antara lain:
a. Menerima
tanda setoran dari Customer Service
b. Meanggil
nasabah untuk menerima uang setoran awal dari nasabah
c. Teller
menghitung jumlah uang dan menyimpan uang tersebut dalam cash box
d. Mencatat
transaksi tersebut ke dalam komputer
serta memvalidasi slip setoran dan mencetak pada buku tabungan serta
menandatangani slip setoran sebagai signer
e. Meneruskan
tanda setoran pada Customer Service
10.
Customer
Service menandatangani semua lembar setoran pada kolom yang tersedia kemudianmengembalikan
lembar pertama dan kedua tanda setoran kepada Teller
11.
Teller
menyerahkan:
a. Lembar
pertama tanda setoran
b. Buku
tabungan
c. Kartu
identitas (KTP/SIM)
d. Lembar
kedua formulir pembukaan rekening
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar